Pages

Subscribe:

Sabtu, 22 September 2012

6 Cara Yang Dipercaya Ampuh Dalam Atasi Cegukan




Cegukan yang dialami seseorang terkadang bisa membuatnya sampai stres, jika tak kunjung berhenti. Apalagi cegukan itu terjadi disaat-saat yang tak diinginkan, sedang meeting misalnya.

Cegukan adalah suara yang timbul dari hasil kontraksi diafragma yang tidak disengaja dan membuat kejang pita suara. Kontraksi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti terlalu banyak makan, konsumsi minuman berkarbonasi, stres atau perubahan suhu yang mendadak.

Jika mengalami cegukan, maka ada 6 cara yang dipercaya oleh masyarakat ampuh untuk mengatasinya, yaitu :


1. Bernapas

Beberapa orang menghentikan cegukan dengan cara mengatur pernapasan, ada yang menahan napas sesaat, lalu mengambil napas dalam-dalam dan menahannya kembali. Hal ini dimungkinkan karena bernapas mengganggu impuls saraf dari otak ke diafragma, sehingga menghentikan cegukan.


2. Minum air putih

Sebagian besar orang menghentikan cegukan dengan minum air putih, meski caranya berbeda-beda, karena ada yang minum melalui sedotan, minum segelas air tanpa henti atau minum air sambil menutup hidung dan menengadah ke atas.

Diperkirakan ketika seseorang menelan, maka ada perubahan sementara dalam pernapasan yang mungkin menimpa kejang di diafragma, hal ini yang mengganggu sehingga menghentikan cegukan.


3. Makan sesuatu

Ada yang bilang cegukan hilang dengan makan satu sendok teh gula pasir, sesendok selai kacang, es krim atau menggigit sepotong lemon. Namun, sebenarnya tidak ada kemungkinan spesifik dari cara ini, hanya saja cara ini mirip seperti minum, yang mana makan berpotensi mempengaruhi napas, sehingga mengganggu diafragma untuk menghentikan cegukan.


4. Menjulurkan lidah ke luar

Saat seseorang menjulurkan atau menarik lidah keluar, maka hal ini menstimulasi bagian dari tenggorokan yang terhubung ke rongga hidung atau disebut dengan nasofaring dan membuka bagian antara pita suara, sehingga memberikan bantuan.


5. Dikagetkan

Ketika seseorang tak sengaja dikagetkan, maka ada kemungkinan hal itu akan mengubah siklus pernapasan, atau yang kedua bisa juga dengan dikagetkan mempengaruhi mental seseorang. Namun, belum diketahui bagaimana hal ini dapat menghentikan cegukan.


6. Menekan telapak tangan

Ada yang mengatakan cegukan hilang dengan menekan keras telapak tangan, ini dipercaya karena bisa mengalihkan perhatian dari sistem saraf terhadap cegukan menjadi sensasi rasa nyeri ringan sebagai gantinya. Beberapa ada juga yang menampar atau mencubit dirinya sendiri.


Dengan cara ampuh yang dipercaya dapat mengatasi cegukan, maka ketika Anda mengalami cegukan akan dapat segera mengantisipasinya seperti cara-cara yang ada diatas.

(",)v




Sumber : detik.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”