Pages

Subscribe:

Rabu, 27 April 2011

"Manguni" Burung Ajaib Yang Dianggap Suci Oleh Suku Minahasa


http://1.bp.blogspot.com/_S0VhH0guG4E/SnKkaGtcbWI/AAAAAAAAAJQ/MIO9L_3b6n4/s400/Barn+Owl+Large.jpg

Burung Manguni atau Burung Tootosik, ada juga sebutan lainnya, tergantung dari daerah Minahasa yang mana, lebih dikenal dengan sebutan Makasiyou (Makasiou), dianggap suci dan ajaib oleh suku Minahasa, Sulawesi Utara, Indonesia.


Namun, umumnya tetap menjadi yang disebut Burung Manguni (mauni : mengamati) yang memang ditugaskan oleh Opo Empung Wangko (Tuhan) untuk selalu memberi petunjuk kepada suku Minahasa dan dianggap suci.

Karena dari burung Manguni ini ada terdapat banyak kekuatan yang dianggap gaib, mungkin sudah banyak dilupakan atau sudah tidak diketahui oleh orang Minahasa. Pada umumnya karena hal ini memang di rahasiakan dan hanya diwariskan lewat lisan saja.

Disaat leluhur suku Minahasa sedang hanyut karena peristiwa air bah dan pada akhirnya reda, mereka disuruh pergi ke tanah yang dijanjikan oleh Opo Empung Wangko.


http://1.bp.blogspot.com/_Kk83Y2luZso/TJuQj_J89CI/AAAAAAAAADI/y4nVyEf_Amg/s1600/I+Yayat+U+Santi.jpeg


Mereka tidak tahu jalan lalu mereka di bimbing oleh Burung Manguni dan pada akhirnya mereka mengerti akan perilaku dari Burung Manguni Makasiyow (Makasiou).

Setiap Manguni melakukan 'hoot'nya nyaring mengalun dan dilakukan berturut 3 kali 9 (Telu Makasiou), maka menjadi pertanda baik untuk menyerang dalam perang dan pasti akan menang.

Tanda ini dipakai juga ketika menemukan tempat awal untuk di tinggali serta bisa juga untuk mengabulkan keinginan seseorang.

3 memiliki arti tiga kekuatan, yakni : Tuhan, Alam, Manusia. Angka 3 itu sendiri mengandung arti 9 kekuatan dari hitungan 3 x 3 = 9. Karena itu, maka Angka Suci orang Manado dari Suku Minahasa, yaitu : 999. Angka sempurna kebalikan dari angka manusia 666, yakni Angka Setan. (",)v




Sumber : shevenone.blogspot.com, manadoinfo.wordpress.com Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”