Pages

Subscribe:

Rabu, 19 Januari 2011

Penyebab Mata Bengkak Akibat Menangis Serta Mengatasinya

http://1.bp.blogspot.com/_57HCcKKR6vo/TLScak9wJLI/AAAAAAAAApI/KRQuThmbIik/s1600/Baby+Menangis.jpg

Sehabis menangis, dapat dipastikan mata seseorang akan membengkak. Oleh karenanya, kebanyakan orang sebisa mungkin untuk menahan tangisnya, karena takut ketahuan habis nangis. Ada 2 hal yang menyebabkan mata bengkak, seusai menangis.

Seperti dikutip dari Livestrong, Rabu (19/1/2011), penyebab mata bengkak akibat menangis, ialah :

1. Cairan air mata mengandung garam yang bisa menyebabkan mata menjadi merah dan pembuluh darah di bawah kulit mata yang tipis akan membesar. Kondisi inilah yang membuat mata terlihat bengkak setelah menangis.

2. Saat menangis, terjadi peningkatan aliran darah di area wajah yang memicu terjadi pembengkakan di kulit bawah mata.

Ketika perasaan sedih atau emosional lainnya dipicu, maka saraf akan mengirimkan sinyal-sinyal ke otak, yang kemudian dilanjutkan ke lacrimal (kelenjar di dalam tubuh yang berfungsi menghasilkan air mata).


Jika tak ingin ketahuan akibat menangis, ada beberapa cara untuk mengatasinya, yaitu :

1. Meneteskan beberapa obat tetes mata untuk mengatasi kemerahan dan mengurangi radang pembuluh darah di mata.

2. Memberikan kompres dingin pada mata, misalnya dengan menggunakan handuk yang sudah direndam air dingin atau dengan es batu yang diletakkan dalam plastik. Kompres dingin tidak hanya untuk mengurangi bengkak, tapi juga membantu mengurangi mati rasa, rasa nyeri, dan sakit.

3. Bisa juga dengan meletakkan irisan mentimun (kandungan airnya tinggi hampir 90 persen), kentang, atau mengompres dengan kantong teh (mengandung kafein yang bisa membantu menyempitkan pembuluh darah).

4. Saat mengompres, sebaiknya posisi tubuh berbaring atau duduk dengan kepala lebih tinggi, biarkan kompres mata selama 10 menit.

5. Mengonsumsi banyak air untuk mencegah dehidrasi. Menjaga tubuh tetap hidrasi adalah salah satu cara untuk mengurangi mata bengkak, serta air membantu mengalirkan penumpukan cairan yang ada di bawah mata.

6. Hindari makanan asin setelah menangis, karena makanan asin biasanya mengandung natrium dan kelebihan natrium dapat meningkatkan retensi air yang menyebabkan mata menjadi lebih bengkak.

7. Jika tidak juga berkurang, gunakan krim anti peradangan atau krim yang mengandung kafein untuk mengecilkan pembuluh darah di bawah mata, sehingga pembengkakan berkurang. Oleskan dengan menggunakan jari manis secara lembut di kulit bawah mata. (",)v




Sumber : detikhealth.com, berbagai sumber lainnya Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

3 komentar:

  1. makasih banget infonya.. sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  2. @STEFANI MAHESA JELITA : sama2,, semoga bermanfaat ya,, ;)

    BalasHapus
  3. thanks info nya manfaat bgt buat yang galau,,hee

    BalasHapus

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”