Pages

Subscribe:

Minggu, 12 September 2010

Es di Kutub Utara Planet Mars


http://riverdaughter.files.wordpress.com/2009/09/mars.jpg

Upaya perburuan jejak kehidupan di Mars hingga kini, masih menjadi sebuah teka-teki. Namun, setidaknya satu per satu penemuan demi penemuan telah menginspirasi manusia akan keberadaan planet merah yang sunyi ini.


Menggunakan wahana Phoenix Mars Lander, terus menghasilkan kemajuan yang berarti. Setelah menemukan bukti-bukti kuat keberadaan es di wilayah kutub utara planet merah tersebut, kini saatnya mempelajari kemungkinan kehidupan di masa lalu.

http://www.shallownation.com/images/nasa-phoenix-on-mars6.jpg

Wahana Phoenix Mars Lander, yang kini berada di permukaan Mars, telah mengeruk sampel yang diduga kuat mengandung es. Sampel dari lubang galian itu mengandung bagian berwarna putih (snow white) yang menunjukkan sifat sebagai es.

Para ilmuwan yang terlibat dalam misi ini akan memerintahkan Phoenix untuk memeriksa apakah es tersebut pernah mencair di masa lalu. Meski belum membuktikan ada tidaknya kehidupan di Mars, air dalam bentuk cair merupakan salah satu syarat utama lingkungan yang mendukung kehidupan.

http://4.bp.blogspot.com/_3pb749cB1Ls/SYGeeAnMYDI/AAAAAAAAABw/ovw-iifSL90/s400/212-010705-1343-6-3d-01-CraterIce_L.jpg

Selain memeriksa sampel tersebut, sekop yang ada di ujung lengan robotik Phoenix juga akan memperlebar lubang galian. Para peneliti memastikan, bahwa dari lubang galian tersebut mereka dapat melihat lapisan lengkap tanah Mars, dari lapisan permukaan, bawah permukaan, dan lapisan yang mengandung es. (",)v




Sumber : ectic.blogspot.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”