Pages

Subscribe:

Senin, 06 September 2010

Cara Pintar Memilih Telur




Telur
merupakan sumber protein hewani yang memiliki beberapa kelebihan, yaitu mudah di dapat dan harganya relatif murah. Namun, di dalam memilih telur agar layak untuk dikonsumsi, tentu ada cara pintar untuk melakukannya. Bagaimana caranya?


Telur ayam memiliki kandungan gizi yang tinggi. Proteinnya mencapai 12,8%. Protein telur termasuk jenis protein sempurna. Ia mengandung semua jenis asam amino esensial (tidak dapat dibentuk sendiri oleh tubuh) dalam jumlah cukup dan seimbang.

Telur juga mengandung vitamin A, B, dan D. Selain itu, mengandung pula sejumlah mineral, seperti zat besi, fosfor, kalsium, sodium, dan magnesium dalam jumlah cukup. Oleh sebab itu, telur amat baik dikonsumsi untuk anak balita.

Setiap hari seorang anak idealnya mengonsumsi dua butir telur ayam. Hal itu dapat membantu masa pertumbuhannya agar menjadi anak yang sehat dan memiliki otak yang cerdas.

Yang sering menjadi masalah, tidak jarang orang mendapatkan telur yang tidak layak di konsumsi. Demi mencegah hal itu terulang kembali, berikut cara pintar yang bisa dicoba untuk memilih telur dengan baik :

1. Amati permukaan kulitnya. Jangan sekali-kali memilih telur dengan kulit retak.

2. Pegang dan kocok-kocok. Jika terdengar bunyi kocakan, pertanda telur telah kemasukan udara. Telur demikian sudah kedaluwarsa. Jadi, jangan dipilih.

3. Rendam dalam air. Jika posisinya terapung atau melayang dalam air, berarti telur itu sudah busuk. Pilihlah yang tenggelam dalam air.

4. Teropong telur di depan sinar terang. Jika tampak bayangan-bayangan gelap, pertanda telur dalam kondisi tidak baik. Jangan pilih telur seperti ini.

5. Tanda-tanda telur segar yang baik adalah bentuk kulit bagus (tidak cacat), cukup tebal, teksturnya baik, warnanya bersih, rongga udara dalam telur kecil, posisi kuning telur di tengah, dan tidak ada bercak atau noda darah.


Demikian cara pintar dalam memilih telur yang baik untuk di konsumsi, agar manfaat dari telur dapat terpenuhi sesuai dengan yang diinginkan. (",)v




Sumber : artikelpintar.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”