Pages

Subscribe:

Senin, 06 September 2010

Bus Mengangkang Di China


http://blog.lewatmana.com/wp-content/uploads/2010/08/bus-dalam.jpg

Saat ini China sedang berupaya dalam mengatasi masalah polusi dan kemacetan di negaranya. Mereka merencanakan sebuah kendaraan umum bus raksasa yang mengangkang, sebagai solusi dari masalah tersebut.


3D Express Coach, bus besar yang mengangkang ini, direncanakan oleh China agar dapat melintasi mobil atau mobil yang dapat melintas di kolong bus. Dan para penumpangnya harus naik ke lantai atasnya, serta perlu halte khusus untuk bus ini.

http://image.tempointeraktif.com/?id=43132&width=274

Perusahaan Shenzen Huashi Future Parking Equipment, mengembangkan 3D Express Coach, bus cepat 3 dimensi ini sebagai upaya penyelamatan lingkungan dan mengurangi kemacetan, tanpa harus menggusur bangunan untuk melebarkan jalan.

3D Express Coach ini, memungkinkan mobil-mobil-dengan ketinggian maksimal 2 meter melewati kolong bus, ketika kendaraan itu berjalan. Uniknya, bagian atas bus dirancang sedemikian rupa untuk mengangkut penumpangnya.

http://4.bp.blogspot.com/_t_QOIHD4LEk/TFj8qcScHHI/AAAAAAAABoY/CZYqmFBBzqs/s400/s.jpg

Menurut China Hush, 3D Express Coach juga ramah lingkungan. Bus canggih ini akan menggunakan energi kombinasi dari listrik dan energi matahari. Bus yang mirip terowongan ini bisa berjalan dengan kecepatan sampai 60 kilometer per jam dan mengangkut 1.200 hingga 1.400 penumpang.

Konstruksi trayek pertama sepanjang 115 mil akan dibangun di Distrik Mentougou, Beijing. Pembangunannya akan dimulai akhir 2010. Hanya butuh waktu setahun, dengan biaya memerlukan biaya 500 juta yuan atau US$ 73 juta untuk membangun sistem transportasi futuristik ini.

http://media.vivanews.com/images/2010/08/04/93862_bus-canggih-china.jpg


Rencana negara China dalam mengatasi tingkat kemacetan dan polusi sangatlah efektif tentunya, dibandingkan dengan busway yang ada di Jakarta, Indonesia, saat ini yang telah menggusur bangunan, menambah kemacetan, polusi udara, serta memakan biaya yang sangat besar, tanpa pencapaian yang prima. (",)v




Sumber : ruangberita.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”