Pages

Subscribe:

Sabtu, 21 Agustus 2010

Cara Membuat Kategori (Label) di Blog (Part 1)




Barusan di facebook, ada salah satu rekan yang bertanya bagaimana cara membuat kategori (label) di blog. Sebenarnya saya pribadi lupa-lupa ingat sich, tapi coba utak-atik lagi bentar, akhirnya ketemu caranya.


Artikel-artikel yang diposting, terkadang perlu untuk dikelompokkan / dikategorikan sesuai dengan tema / topiknya. Dengan demikian, maka artikel yang telah diposting dapat mempermudah bagi pengunjung blog / website untuk memilih artikel mana yang ingin dibaca. Untuk membuat kategori di blogger.com, fasilitas ini sebenarnya sudah di sediakan, dan dikenal dengan istilah Label.

Coba kamu lihat dibagian bawah artikel ini, disana terdapat tulisan : Labels: Blog Tutorial, Info, IPTek. Itu artinya artikel ini masuk dalam 3 kategori, yaitu kategori Blog Tutorial, kategori Info, kategori IPTek. Untuk melihat fungsi label ini silahkan kamu klik label yang bertuliskan Blog tutorial, maka otomatis semua postingan yang saya kasih label Blog tutorial, akan di tampilkan dan siap untuk di baca oleh pengunjung.


Lalu bagaimana cara membuatnya?

Kamu tinggal mengisi kotak kosong di samping tulisan Label untuk postingan ini : yang berada di bawah kotak tempat membuat artikel. Isi kotak tersebut dengan kategori yang kamu rasa cocok untuk artikel yang kamu buat. Contoh : Serba Serbi. Satu postingan bisa memiliki beberapa kategori, yang dipisahkan dengan tanda koma ( , ) dan spasi saja, misalnya untuk postingan artikel blog saya ini berlabel Blog Tutorial, Info, IPTek, karena menurut saya, postingan tersebut memang cocok dan termasuk dalam ketiga kategori itu.


Bisa tidak kategori (label) ditampilkan di sidebar?

Tentu bisa, bagi kamu yang menggunakan template baru, label (kategori) bisa di tampilkan di sidebar, dan biasanya element label ini sudah tersedia ketika kamu baru memasang template. Jika element label belum tersedia, kamu bisa membuatnya sendiri, dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Sign in dengan id kamu ke blogger (jangan id orang, yach!)


2. Klik menu "Layout"


3. Klik menu "Elemen Halaman"


4. Klik tulisan "Tambahkan Sebuah Elemen Halaman"


5. Klik tombol yang bertuliskan "Tambahkan Ke Blog" yang berada di bawah tulisan Labels


6. Tulisan Labels di samping tulisan "Judul" bisa dirubah menjadi Kategori


7. Pilih button yang kamu inginkan di samping tulisan Menyortir, "Alfabetik" : jika kategori ingin di tampilkan sesuai dengan abjad alfabetik ( dari A --> Z ), Berdasarkan "Frekuensi" : jika kategori ingin ditampilkan sesuai dengan banyaknya label (kategori)


8. Klik tombol yang bertuliskan "Simpan Perubahan"


9. Beres dech!


Mudah, khan? Sekarang tentu ada yang berbeda di tampilan blog kamu, dan itu akan sangat mempermudah bagi pengunjung untuk memilih kategori yang ingin mereka baca. Ada satu cara lagi untuk membuat kategori (label) ini, nanti saya lanjutkan lagi ya dalam artikel berikutnya, ok! Klik disini.

Selamat mencoba! (",)\m/




Sumber : kolom-tutorial.blogspot.com, trik-tips.blogspot.com, dan berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia