Pages

Subscribe:

Selasa, 20 Juli 2010

Cerberus



Cerberus atau Kerberus (Yunani: Κέρβερος, Kerberos, "iblis dari liang") adalah makhluk dari mitologi Yunani, adalah hewan peliharaan Hades.

Cerberus dikatakan saudara kandung dari Hydra Lernaean, Lion Nemea, Sphinx, Ladon, dan Chimera.





Cerberus digambarkan sebagai anjing berkepala tiga yang mampu menyemburkan api. Awalnya Ia hanyalah seekor anjing kecil yang lucu namun ketika ia besar menjadi berkepala tiga dan mampu menyemburkan api.

Cerberus adalah keturunan Moncong (Echidna), seorang wanita hibrida dan setengah-dewi setengah-ular, dan Typhon, raksasa bernapas api yang bahkan ditakuti oleh para dewa Olimpia.





Di dalam beberapa karya, tiga dari masing-masing kepala Cerberus melihat dan mewakili masa lalu, sekarang, dan masa depan. Sedangkan menurut karya lainnya mengatakan kepala-kepala itu merupakan kelahiran, pemuda, dan usia tua.

Masing-masing dari kepala Cerberus dikatakan memiliki nafsu makan daging hanya untuk hidup, dengan demikian memungkinkan roh-roh orang mati untuk bebas masuk neraka, tetapi tidak memungkinkan untuk pergi.





Pada kisah Hercules (Heracles), Cerberus merupakan salah satu tokoh dalam kisah yunani kuno, yaitu sebagai salah satu tantangan terakhir dari Hera dalam
"Dua Belas Tugas" (Twelve Olympians), menangkap Cerberus hidup-hidup, tanpa menggunakan senjata.

Cerberus merupakan penguasa dunia arwah. Tujuanya untuk menjaga agar tidak ada arwah yang melarikan diri dari dunia arwah. Cerberus juga mempunyai kemampuan melacak dan menemukan arwah-arwah yang melarikan diri.





Dan ada pula kisah Orpheus yg mencoba menghidupkan kembali istrinya, Cerberus merupakan penjaga pintu netherworld yang menghalangi sang pujangga untuk masuk.

Opherus pun melantunkan puisi sambil memainkan
Lyre-nya, sehingga Cerberus tertidur dan ia pun bisa masuk.





Namun, usahanya untuk menghidupkan Eurydice istrinya mengalami jalan buntu, dan sang pujangga kembali ke dunia nyata dengan tangan kosong. Sejak saat itu, opherus menjadi terkenal dengan sosok pria yg sedang memainkan Lyre (kecapi kecil).





Di dalam beberapa buku atau pun novel, Cerberus hadir sebagai sosok anjing berkepala tiga yang mengerikan. Bahkan di salah satu film Harry Potter yang berjudul "Harry Potter and the Chamber of Secrets."





Cerberus di film ini bernama Fluffy, dimana sosok mengerikan ini adalah peliharaan Hagrid yang berbadan besar dan menakutkan. Diceritakan bahwa Fluffy ditugaskan untuk menjaga pintu jebakan yang berada di lantai tempat disembunyikannya Batu Bertuah. Dan Harry Potter bersama teman-temannya berhasil menidurkan Fluffy dengan meniupkan seruling, dan mengambil Batu Bertuah tersebut. (",)v




Sumber : Wikipedia©, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia