Pages

Subscribe:

Senin, 23 Juli 2012

"Lemur" King Julien Madagaskar Yang Terancam Punah



Jika Anda sudah menonton film Madagascar, tentunya tak asing dengan sosok King Julien, yaitu seekor lemur yang menasbihkan dirinya menjadi raja dari para lemur dengan karisma dan sedikit kemampuan memimpin.

Berbicara mengenai lemur Madagaskar. Ada laporan terbaru dari lembaga internasional untuk konservasi alam, Union for Conservation of Nature (IUCN), komisi penyelamatan spesies mengatakan, lemur termasuk mamalia paling terancam punah di dunia.

Para ahli konservasi mengatakan, hewan ini berada diambang kepunahan. Ini terjadi, karena perburuan liar dan habitatnya, yaitu hutan tropis hancur akibat pembalakan liar.




Lemur Indri


Menurut penelitian yang diterbitkan livescience yang dilansir Press TV, lebih dari sembilan dari sepuluh spesies lemur di Madagaskar terancam punah. Saat ini terdapat sekitar 103 spesies lemur di Madagaskar.

Kepala penelitian kebun binatang Bristol dan penasihat IUCN Madagaskar, Christoph Schwitzer, mengatakan dari lokakarya yang dilakukan para peneliti menunjukkan hasil mengejutkan. "Lemur Madagaskar memiliki proporsi tertinggi spesies terancam punah di seluruh dunia," ujar Schwitzer.

Sekitar 23 spesies fauna saat ini sangat terancam punah, 52 lainnya terancam punah, dan 19 spesies lain rentan kepunahan. Semua spesies tersebut tercatat dalam daftar merah spesies terancam di IUCN. Para ahli menyalahkan ketidakstabilan itu pada perburuan, kemiskinan, dan masalah politik. Ketiga hal tersebut dianggap faktor utama penyebab rusaknya habitat alami lemur.




Tikus Lemur Madame Berthe


Para ilmuan juga menekankan, perekonomian di Madagaskar bergantung pada pariwisata. Wisatawan umumnya tertarik pada keanekaragaman hayati pulau. Jika lemur dan spesies lain semakin berkurang atau punah disana, maka akan memukul sektor pariwisata. Tentunya berimbas pada pendapatan negara dan memperburuk ekonomi mereka.

Lemur terbesar di Madagaskar disebut Indri. Ini merupakan spesies lemur suci di sana dan salah satu spesies yang memiliki label terancam punah. Indri memiliki label yang sama dengan Madame Berthe, tikus lemur yang termasuk dalam primata terkecil di dunia. Ada lagi lemur bermata biru hitam, yakni spesies primata lain yang memiliki mata biru, selain manusia.

(",)v




Sumber : republika.co.id Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia