Pages

Subscribe:

Senin, 05 Desember 2011

"Hazarchishma" Lengkung Batu Jembatan Alam Raksasa Dunia Yang Ditemukan Di Afganistan

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlYbLqD7AntPU4NPIfEHSP59vWj7pT3wjEe17AF2Xia80o6xfsI8lp4fzr9dVT_zJyb6zBda-3r6DmM30SFIhrJyO5dO4oR6N3inEuh7Ype8KtZMWvxxMmoy_LJK127ykrmv6wlFFBdVZn/s1600/800px-Rainbow_Bridge_National_Monument2.jpg

Jembatan alam terbesar di dunia dengan sebuah lengkung batu raksasa, telah ditemukan di sudut terpencil Afganistan, 10.000 kaki (3.000 meter) di atas permukaan laut. Rentang lengkung dramatik yang lebih dari 210 feet (64 meter) di dasarnya ini, dinamai Jembatan Alam Hazarchishma.

Fenomena ini menjadikannya salah satu jembatan alam besar tertinggi di dunia, dan merupakan salah satu struktur terbesar yang dikenal. Total rentangnya menduduki peringkat ke-12 sebagai jembatan alam terbesar di dunia.

Para peneliti dari Wildlife Conservation Society, Christopher Shank dan Ayub Alavi, secara kebetulan menemukan kolosus geologi tersebut pada tahun 2010 ketika mengadakan survei kehidupan liar sepanjang dataran tinggi Bamyan Afganistan, lansekap bagi ibex dan kambing liar urial.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKrx9WaDJd4GK84RNGOtGvMtPErbFSG2kPuQZXyDbHlM_Px1jiJrNDuTI1_VhufvLwu7ePmIgYNhyeg9goZj5RlyzWNO9Oh0OYLM7tpRad9jCkXBb_qMUJ4ev1yB91NpobRtWy0fth0f-6/s1600/Hazarchishma1.jpg


“Penemuan itu merupakan penemuan paling spektakuler yang pernah ditemukan di daerah tersebut,” kata Joe Walston, direktur Wildlife Conservation Society Asia Program. “Lengkung itu merupakan pertanda keajaiban alam yang masih menunggu penemuan lain di Afganistan.”

Terdiri dari lapisan batuan yang dibentuk antara periode Jurassic (145 juta sampai 200 juta tahun yang lalu) dan Masa Eocene yang lebih baru (34 juta sampai 55 juta tahun yang lalu).

Jembatan Alam Hazarchishma dinamai demikian berdasarkan nama desa terdekat, dipahat oleh alam selama jutaan tahun lewat air yang mengalir di daerah Jurang Jawzari yang sekarang telah kering.


http://www.dapunta.com/wp-content/uploads/2011/04/Lengkung-Batu-Alam-Raksasa-Dunia-Ditemukan.jpg


“Afganistan telah mengambil langkah besar dalam mengawali program untuk melestarikan tempat liar paling cantik di negeri itu seperti halnya melestarikan sumber daya alam,” kata Peter Zahler, wakil direktur Program Asia WCS. “Keajaiban yang baru ditemukan ini, menambahi daftar keajaiban dan penambahan aset ekonomis.”

Lengkung batu jembatan alam terbesar di dunia, Jembatan Peri, berlokasi di Sungai Buliu di Guangxi, China, yang rentangnya mencapai 400 kaki (122 m). Beberapa lengkung alam dari 20 lengkung alam terbesar di dunia, ada di Utah Amerika Serikat, berada di kawasan tebing luar Utah Outlaw Arch di Monumen Nasional Dinosaur.

(",)v




Sumber : yasirmaster.blogspot.com Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia