Pages

Subscribe:

Rabu, 09 Maret 2011

Ditemukan Kawah Kembar Di Permukaan Planet Mars


http://www.enjoyfrance.com/images/stories/world/tech/mars-planet-water-nasa.jpg

Ditemukannya kawah kembar di permukaan planet Mars berdasarkan gambar yang terekam oleh HiRISE. Diperkirakan kawah kembar itu terjadi akibat hantaman dari dua meteor sekaligus.


Hal ini dijelaskan oleh hasil analisis kontributor Discovery News, Ian O'Neill. Ia yakin, kedua kawah itu terjadi secara bersamaan. "Jika sebuah tubrukan terjadi satu per satu, kawah baru akan di atas kawah yang lama. Tapi ini sangat simetris, jadi mereka tercipta pada saat yang sama," jelas O'Neill pada artikel.

Pertanyaannya, bagaimana hal itu terjadi? O'Neill menjelaskan, kalau awalnya meteor itu hanya satu, tapi kemudian terbelah menjadi dua ketika masuk ke dalam atmosfer Mars. Kebetulan, kedua belahan itu berukuran hampir sama dan jatuh di tempat yang sangat dekat, bahkan saling berdampingan.


http://nationalgeographic.co.id/admin/files/daily/201102281703270_n.jpg


Tercatat pada situs web HiRISE, kalau asteroid dan komet bisa terpecah jadi dua ketika masuk ke dalam atmosfer sebuah planet. Asteroid Itokawa, yang dikunjungi oleh Hayabusa, pesawat luar angkasa milik Jepang, punya dua bagian.

Mars bukan hanya punya kawah kembar dua, tapi juga punya kawah kembar tiga. Akan tetapi, kawah kembar tiga ini tidak tampak sejelas kawah kembar dua. "Mungkin karena kawah ini lebih tua dan sudah tergerus," jelas O'Neill. (",)v




Sumber : nationalgeographic.co.id, berbagai sumber lainnya Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia