Pages

Subscribe:

Rabu, 30 Maret 2011

"CLT-008" Cara Terbaru Menangani Penyakit Akibat Radiasi


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6PWZ8pi1CTxcqgffqtc6dAxRLibDlM47w4EpSriUvnzj-FCgnbPCG4I9KuTBUcKFyrfvBG1Knkau4xMugeDXvwlu-A5dDnP-01L3yCNdjgI4IlR04WMt7XFRVuGfecrH-wb8CqY2rTZY/s1600/radiation1.jpg

Cara terbaru dalam menangani penyakit akibat radiasi, yaitu lewat sebuah terapi. Kematian akibat terpapar radiasi tingkat tinggi, dapat dicegah dengan terapi ini, yang merupakan metode pengobatan berbasis sel induk.


Terapi yang dikenal dengan nama "CLT-008" menggunakan sel prekursor atau sel awal, yang diambil dari sel induk dewasa yang dapat berkembang menjadi platelet, sel darah merah, dan sel darah putih. Sel darah yang terakhir disebutkan akan menjadi sistem pertahanan tubuh untuk mencegah infeksi.

Infeksi sering terjadi pada korban-korban paparan radiasi, karena radiasi merusak sumsum tulang yang menghasilkan sel darah putih.

Menurut Ram Mandalam, presiden sekaligus CEO Cellerant Therapeutics, CLT-008 itu bisa dilakukan beberapa hari setelah seorang terpapar radiasi level bahaya.

"Bisa diberikan tiga hingga lima hari setelah paparan dan selamat," kata Mandalan. Ia juga menambahkan, "Terapi ini penting untuk kasus di Jepang, ketika orang tidak tahu level radiasi setelah terpapar 24 hingga 48 jam kemudian."


Sekitar 50 hingga 100 pekerja di Jepang, beresiko terkena radiasi saat mencegah meledaknya reaktor nuklir di Fukushima. Para pekerja sudah meminimalkan efek radiasi dengan mengenakan pakaian pelindung.

Pada percobaan dengan binatang, CLT-008 dapat memberikan perlindungan beberapa hari setelah terpapar radiasi. Apabila berjalan lancar, Mandalam berharap dapat memperoleh data yang cukup, agar terapi ini disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) dalam waktu 5 tahun lagi. (",)v




Sumber : nationalgeographic.co.id, berbagai sumber lainnya Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia