Pages

Subscribe:

Kamis, 24 Februari 2011

Bayi Pun Sudah Paham Konsep Matematika Dasar


http://kcdn1.stat.k.kidsklik.com/data/photo/2011/02/18/1056388620X310.jpg

Ketika belum pandai berjalan, seorang bayi bisa jadi sudah memahami konsep berhitung. Mungkin hal ini tampak aneh, namun demikian laporan hasil studi para peneliti baru-baru ini.


Menurut studi tersebut, sejak usia 18 bulan, bayi sudah bisa memahami penghitungan sederhana. Para peneliti menemukan, bayi berusia 18 bulan lebih memilih menyaksikan video yang menggambarkan penghitungan secara tepat, ketimbang video dengan penghitungan yang kurang tepat. Demikian hasil studi tim peneliti University of Queensland, yang dilansir Telegraph, Kamis (17/2/2011).

Kendati umumnya baru menguasai perhitungan pada usia empat tahun, hasil studi tersebut mengungkapkan, prinsip menghitung sudah dipelajari anak-anak sejak dini.

"Penemuan ini menjelaskan, bahwa manusia mulai belajar menghitung jauh lebih awal dari perkiraan semula," jelas Professor Virginia Slaughter.

Pada studi tersebut, sejumlah balita diajak menyaksikan beberapa video berbeda yang menampilkan penghitungan enam ekor ikan. Satu versi menampilkan penghitungan yang benar, sementara lainnya menampilkan penghitungan yang salah.

Pada satu tes terhadap 36 balita asal Australia, peneliti menemukan jika bayi berusia 18 bulan lebih menyukai versi video yang benar.

"Anak-anak mulai berhitung setelah usia dua tahun. Kemampuan mereka berkembang pada tahun-tahun berikutnya. Namun sebelum itu, bayi menyaksikan beberapa contoh menghitung yang didemonstrasikan oleh orangtua dan saudara mereka, atau melalui televisi," tutur Slaughter.

"Data kami menunjukkan, bahwa bayi antara usia 15 hingga 18 bulan mulai belajar prinsip abstrak tentang perhitungan secara benar melalui kebiasaan berhitung dalam budaya mereka," pungkasnya. (",)v




Sumber : okezone.com, berbagai sumber lainnya Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia