Pages

Subscribe:

Senin, 24 Januari 2011

Menulis Tangan Dan Membaca Buku Lebih Baik Untuk Belajar Dibanding Komputer


http://demiracle37.com/wp-content/uploads/2010/11/menulis1.jpg

Menulis tangan
dan membaca buku, akan membuat seseorang lebih baik dalam menyerap pelajaran, dibanding menggunakan komputer menurut sebuah studi menunjukkan.


Professor Anne Mangen dari Universitas Stavanger di Norwegia menjelaskan, hal itu disebabkan kegiatan membaca dan menulis tangan melibatkan berbagai indera. Ketika seseorang menulis dengan tangan, otak menerima feedback dari otot dan ujung jari.

Feedback ini jauh lebih kuat diterima saat menulis tangan, dibandingkan mengetik dengan keyboard komputer. Tak ayal, proses ini meningkatkan mekanisme belajar seseorang.

Karena menulis tangan membutuhkan waktu lebih lama, ketimbang mengetik di komputer, bagian otak yang berkaitan dengan bahasa juga turut mempengaruhi proses belajar, demikian ujar Professor Mangen seperti disitat Telegraph, Sabtu (22/1/2011).

Dalam penelitian ini, Professor Mangen membagi dua kelompok partisipan dewasa untuk mempelajari menulis alfabet tak dikenal, yang memiliki sekitar 20 huruf. Satu kelompok mempelajari dengan menulis tangan, sementara yang lainnya menggunakan keyboard.

Selama tiga dan enam pekan berikutnya, peneliti menguji apa yang telah dipelajari para partisipan, dimana mereka harus menentukan huruf-huruf yang benar maupun yang salah. Diketahui, mereka yang belajar dengan menulis tangan, mendapat hasil lebih tinggi dalam seluruh tes. (",)v




Sumber : okezone.com, berbagai sumber lainnya Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia