Pages

Subscribe:

Rabu, 01 Desember 2010

Microchip Bionic Gantikan Fungsi Retina Mata




Tak perlu khawatir lagi dengan kebutaan dalam beberapa tahun lagi. Sebuah simulasi yang dilakukan oleh National ICT Centre for Excellence (NICTA), telah sukses membuktikan, apa yang pasien harapkan untuk bisa melihat, yaitu melalui mata bionic.


Microchip yang dikembangkan oleh Bionic Vision Australia bekerjasama dengan University of New South Wales dan NICTA ini, akan membantu memulihkan penglihatan orang-orang dengan penyakit pada retina.

Hal ini merupakan sebuah kondisi dimana photoreceptors atau yang disebut sel rentan cahaya di Retina, memburuk dan bisa menyebabkan kebutaan. Ketika microchip tersebut diimplantasikan di belakang mata, cahaya melewati photoreceptors yang rusak dan microchip akan secara langsung menstimulasikan sel-sel pusat syaraf.

Gambar lalu diproyeksikan melalui syaraf optik, sampai mencapai lapisan cortex luar, dimana cahaya akan diinterpretasikan. Demikian seperti yang dikutip dari New Scientist, Senin (29/11/2010).

Sistem ini menggunakan sebuah kamera untuk mendeteksi cahaya dan mengirimkan feed menyerupai video ke sebuah processor yang akan mengaktifkan elektroda pada microchip yang sudah diimplantasikan.

Elektroda ini menstimulasi sel retina, agar menghasilkan penglihatan yang lebih baik. Generasi pertama mikrocip implantasi ini terdiri dari 98 elektroda, sementara model keduanya berisi sekitar 1.000 eletroda. Simulasinya memperlihatkan penglihatan yang lebih baik dengan menggunakan model microchip terbaru.

Namun, menurut Brian Mech dari Second Sight, pembuat dari implantasi serupa, menyatakan, bahwa jumlah elektroda tidak terlalu berpengaruh. Kadang-kadang microchip dengan elektroda sedikit, dapat mengaktifkan lebih banyak sel retina dan bisa melewati syaraf.

Tim peneliti tersebut akan mulai percobaan terhadap pasien dengan model pertama pada tahun 2013 nanti. Untuk saat ini generasi kedua dari microchip ini, akan mulai tes biocampability-nya.

"Diharapkan melalui implantasi ini, kita bisa melihat untuk pertama kalinya orang buta bisa kembali melihat," ujar pihak Bionic Vision Australia.


Wah, keren penemuan ini kalau sudah ada. Asal harganya jangan selangit saja nantinya, kalau begitu hanya orang-orang berkantong tebal yang dapat memakainya. (",)v




Sumber : okezone.com Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia