Pages

Subscribe:

Minggu, 26 Desember 2010

Ditemukan Bekas "Hutan Kuno" Di Kutub Utara




Telah ditemukannya sebidang bekas hutan kuno di kutub utara, wilayah Kanada. Pada area hutan kuno itu terdapat batang-batang kayu, dedaunan, dan kelopak bijinya, para peneliti menjelaskan. Situs penemuan tersebut dikelilingi oleh gletser dan pohon-pohon berukuran pendek.


Hutan kuno tersebut ditemukan baru-baru ini oleh tim peneliti yang sebelumnya mendengar cerita-cerita dari pasukan penjaga taman di Quttinirpaaq National Park. Taman nasional ini berlokasi di pulau Ellesmere Island.

Para pasukan penjaga taman nasional kaget, karena menemukan sisa-sisa peninggalan pohon besar di wilayah yang umumnya ditumbuhi oleh tumbuhan-tumbuhan kecil, termasuk batang-batang kayu yang berukuran besar.

"Jika anda berjalan di wilayah tersebut, bekas hutan tersebut ada di mana-mana," ujar Joel Barker, ilmuwan dari Ohio State University. Demikian yang dikutip National Geographic, Selasa (22/12/2010).

Para penjaga taman nasional tidak mengetahui seperti apa dulunya tempat tersebut, akan tetapi Barker menduga kalau usia pohon-pohon kuno tersebut berusia sekitar jutaan tahun.

Barker beserta koleganya juga menemukan dari mana batang-batang kayu tersebut berasal; sebuah lereng yang telah terbawa oleh sungai. Tim Barker juga menemukan lebih banyak batang kayu, juga dedaunan dan kelopak-kelopak biji.

"Ketika kami mulai menarik fosil kayu-kayu tersebut dari tanah, kami masih belum yakin kalau kayu-kayu tersebut berusia jutaan tahun," ujar Barker di pertemuan tahunan American Geophysical Union di San Francisco, California, pekan lalu. (",)v




Sumber : okezone.com Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia