Pages

Subscribe:

Senin, 22 November 2010

Berjenis-Jenis Becak Dari Seluruh Penjuru Dunia




Becak
(dari bahasa Hokkien : be chia "kereta kuda") adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Dan ternyata, di beberapa negara maju pun, keberadaan becak pun ada disana. Ingin bukti?


Berikut ini adalah berjenis-jenis becak dari seluruh penjuru dunia :


1. Becak di New York





Di Amerika, becak bernama Padicab atau taksi kayuh. Ongkosnya tergantung jarak tempuh. Becak-becak ini di miliki oleh koperasi becak. Becak yang dalam bahasa Inggris-nya disebut cycle ricksaw, trishaw, atau padicab, ada juga di negara lain, seperti : Kamboja, Singapore, Malaysia, Bangladesh, dan China.


2. Becak di Jerman





Velotaxi, bentuk becak ini secara keseluruhan sangat futuristik, bisa diisi oleh dua penumpang dewasa, tanpa pintu dan jendela karena didesain terbuka di sisi kiri dan kanan. Ada motor elektrik untuk membantu pengendara melintas di jalan menanjak. Velotaxi ini dapat dijumpai di Hamburg, dan beberapa kota lain di Jerman, seperti Berlin.




Maybach pun saat ini merancang sebuah becak masa depan, Maybach DRS (Den-Riki-Sha). Becak yang satu ini menggunakan tenaga listrik tanpa onthel. Kendaraan ini menggunakan bahan-bahan alami seperti mobil konsep Mercedes Biome.

Bingkai terbuat dari serat karbon dan material komposit organik, sementara pintu-pintu dan jendela terbuat dari polikarbonat dan atap panorama menggunakan bahan organik yang fleksibel.

Becak ini dilengkapi dua motor listrik yang masing-masing memproduksi tenaga 27 hp. Arus listrik disimpan pada baterai lithium-ion yang dipasang di bagian belakang kendaraan.


3. Becak di Inggris





Becak yang memiliki 3 roda ini, biasa disebut disebut cycle ricksaw, trishaw, atau padicab. Mempunyai penutup di atas kursi penumpang yang dapat di naik turunkan, mirip seperti becak yang ada di Indonesia, becak ini dapat menampung 2 penumpang.


4. Becak di Jepang





Becak Jepang atau yang dikenal dengan Jinrikisha. Ciri utama dari becak ini, biasanya terlihat dari pengemudi yang berlari sambil menarik becak tersebut dari depan. Jenis becak ini pun terdapat pula di beberapa daerah daratan China.


5. Becak di China






Becak onthel yang hanya dapat mengangkut 1 penumpang ini, sudah sangat langka di China. Dan sepeda becak ini mempunyai lampu di bawah stangnya.


6. Becak di INDONESIA
 





Nah, kalau dengan yang ini, kita semua sudah tidak asing lagi tentunya. Becak ini merupakan satu-satunya yang pengemudinya berada di belakang penumpang. 




Sebenarnya, masih ada beberapa jenis becak lagi yang berbeda di daerah-daerah Indonesia. Seperti contohnya di kota Medan, yang pengemudinya berada di samping penumpangnya.




Kalau soal ongkos sih, paling Rp5.000,- saja, tergantung jauh dekatnya tujuan yang akan ditempuh.






Bagaimanapun, keberadaan alat transportasi umum bertenaga manusia ini masih dipertahankan di banyak negara. Salah satu alasan penghapusan becak di Jakarta sebagai alat angkut yang tidak manusiawi, barangkali perlu dipikir ulang.

Apakah lebih manusiawi sekarang ini dengan ribuan motor, mobil, bus yang menghasilkan asap hitam yang makin hari semua kendaraan itu menutup hampir di semua pelosok jalan di Jakarta dan sekitarnya? Padahal, pada kenyataannya, becak sungguh diperlukan warga, karena cukup ampuh bisa masuk ke pelosok.


(",)v




Sumber : Wikipedia©, kaskus.us, kompas.com Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia