Pages

Subscribe:

Selasa, 05 Februari 2013

10 Jenderal Yang Sangat Terkenal Pada Perang Dunia II




Sejarah Perang Dunia I dan Perang Dunia II, tentu sangat menciptakan duka yang mendalam bagi seluruh penduduk dunia kala itu. Akan tetapi, perang-perang tersebut pun telah memukau akan kisah-kisahnya dan tak pernah habis diperbincangkan bagi siapa saja yang menyukai sejarah.

Hal-hal yang sangat terkenal pun akhirnya tercipta dari Perang Dunia II, yang melahirkan pasukan-pasukan tempur terbaik dunia dan yang tak kalah menarik pastinya ialah Perang Dunia II sudah melahirkan Jenderal-Jenderal terbaik yang gagah, berani, tangguh, brilliant dan menjadi benang emas sejarah dunia.

Di dalam memimpin pasukan mereka ke posisi top-notch atau mungkin membawa mereka ke dalam kejatuhan. Tak peduli apa pun itu, ikon-ikon sejarah akan selalu diingat untuk memainkan peran penting di dalam peperangan serta untuk menunjukkan tingkat ekstrim pada sebuah keberanian, di bawah ini ialah daftar sepuluh Jenderal yang sangat terkenal dalam Perang Dunia II dengan kehebatannya masing-masing :


1. Isoroku Yamamoto




Isoroku Yamamoto dikenal karena menjadi dalang serangan tersadis Pearl Harbor. Yamamoto adalah Naval terkemuka, Marsekal Jenderal Jepang yang memperkenalkan beberapa perubahan radikal dalam Angkatan Laut Kekaisaran Jepang.

Lahir pada tanggal 4 April 1884 di Niigata, Jepang, Yamamoto selesai lulus dari Akademi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang pada tahun 1904 dan juga terdaftar di Harvard University dimana ia belajar pada tahun 1919 - 1921.

Dia meninggal pada tanggal 18 April 1943, ketika pesawatnya jatuh dalam penyergapan oleh pesawat tempur Amerika.


2. Erich von Manstein




Dianggap sebagai salah satu yang terbaik dari segi strategi militer dalam sejarah Jerman, Erich von Manstein mencapai pangkat Marsekal Lapangan dalam Perang Dunia II, dimana dalam kepemimpinannya yang sukses, angkatan bersenjata Jerman mencapai kemenangan dalam pertempuran Sevastopol, Kerch, Tanah Genting Perekop, dan Kharkov.

Setelah kekalahan Nazi Jerman, ia ditangkap oleh tentara Inggris pada tanggal 23 Agustus 1945. Setelah menyelesaikan penahanannya tahun 1953, ia bergabung dengan Pemerintah Jerman Barat sebagai penasihat militer.

Sebagai seorang peneliti sejarah, ia pun menulis sebuah buku "Verlorene Siege", yang menggambarkan pengalamannya sendiri serta ide-ide pada saat ia menjalaninya selama era 1930-an dan 1940-an.


3. Omar Bradley




Dikenal luas karena sifat sopan dan santun, Omar Bradely adalah Jendral Amerika terkemuka pada Perang Dunia II yang secara signifikan berkontribusi dalam Landing Normandia, serta dalam pertempuran Bulge.

Sejak kecil, ia punya gairah besar dalam bisbol, buku, dan menembak. Dalam media Amerika arus utama, Omar Bradely telah ditandai sebagai pria yang tidak pernah menunjukkan kekuatan dan kemampuan otoritatif pada petugas dan tentara yang bekerja di bawah kepemimpinannya. Dia meninggal pada tanggal 8 April 1891, di New York City.


4. Henry Arnold





Lahir dari keluarga terkemuka Pennsylvania, Henry H. Arnold dikenal luas untuk memegang jajaran Jenderal Angkatan Darat dan kemudian Jenderal Angkatan Udara.

Salah satu pilot militer pertama di seluruh dunia. Dalam kepemimpinan yang luar biasa, Angkatan Udara Amerika Serikat mencapai beberapa kemenangan luar biasa melawan kekuatan poros.


5. Georgy Zhukov





Salah satu Jenderal paling terkenal dalam sejarah Kekaisaran Rusia, Uni Soviet dan Federasi Rusia, George Zhukov memainkan peran penting dalam memimpin Tentara Merah selama Perang Dunia II.

Ia lahir pada tanggal 1 Desember 1896, dari keluarga miskin dan kemudian pergi ke Moskow untuk bekerja sebagai sebuah cloakmaker. Penting untuk menggambarkan sikap "Jangan pernah menyerah!", Jenderal Zhukov masih dikenang karena keketatannya, disiplin keras, dan perencanaan rinci.


6. Bernard Montgomery





Dia dikenal dengan nama panggilannya "Spartan", adalah Bernard Montgomery pejabat terkemuka Angkatan Darat Inggris, yang tidak hanya berpartisipasi dalam Perang Dunia I, tetapi juga memainkan peran penting dalam Perang Dunia II.

Memastikan kemenangan Tentara ke-8 melawan Sekutu pada tahun 1942. Jenderal Montgomery adalah orang yang  menerima penyerahan pasukan Jerman di Lüneburg Heath pada tanggal 4 Mei 1945.

Pemenang penghargaan bergengsi, Montgomery mengambil nafas terakhirnya pada tanggal 24 Maret 1976, di kediamannya, Hampshire.


7. Douglas MacArthur





Douglas MacArthur adalah pejuang terkenal yang memainkan peran yang mencolok dalam Perang Pasifik dalam Perang Dunia II, yang selanjutnya mencapai klimaks di Hiroshima dan Nagasaki (Bom Atom), sehingga menarik Jepang untuk menyerah.

Untuk layanan yang luar biasa dalam Kampanye Filipina, Jenderal MacArthur dianugerahi Medali Kehormatan. Selain melayani sebagai Pengawas dari Akademi Militer Amerika Serikat di West Point, ia juga menjabat sebagai Penasihat Militer kepada Pemerintah Persemakmuran Filipina.


8. Dwight D. Eisenhower





Landasan penting dari perang Dunia II, Jenderal D. Eisenhower menjadi komandan tertinggi pasukan Sekutu di Eropa, yang memainkan peran utama dalam membasuh Jerman Nazi.

Setelah akhir Perang Dunia II, ia terpilih sebagai panglima tertinggi pertama NATO dan kemudian pada akhirnya menjadi ke-34 Presiden Amerika Serikat.

Setelah menjalani kehidupan yang bermartabat dan terhormat, angka menonjol dari perang dan politik, ia akhirnya meninggal pada tanggal 28 Maret 1969.


9. Erwin Rommel





Dihormati dan disegani oleh pasukan sendiri dan pasukan lawan, karena menjadi petugas yang murah hati, Erwin Rommel adalah Marsekal Lapangan Jerman selama Perang Dunia II yang memimpin pasukan Jerman melawan Sekutu selama invasi Normandia.

Dihitung di antara salah satu komandan paling berpengalaman dari gurun, Jenderal Rommel yang populer dikenal dengan julukan angkernya, "Desert Fox".

Sepanjang pelayanan, ia tidak pernah dituduh melakukan kejahatan perang, dan lebih jauh lagi, ia menentang untuk membunuh tentara atau warga sipil yang ditangkap.


10. George S. Patton





Dan di sini datang seorang Jenderal Angkatan Darat Amerika paling cemerlang pada Perang Dunia 2. Seorang pria dengan karakteristik warna-warni dan master dari sebuah merek yang tidak jelas pada kefasihan.

Dikenal secara luas untuk gambarnya yang tak kenal takut, tidak ortodoks, dan bersorak di antara teman-temannya, serta dalam daftar besar musuh.

Di bawah kepemimpinan terampilnya, wilayah emansipasi dalam waktu yang lebih daripada tentara lain dalam sejarah militer. Dijuluki "Koboi Gila" oleh Adolf Hitler, Jenderal Patton juga telah digambarkan dalam Academy Award dengan memenangkan film "Patton".

(",)v




Sumber : khabuka.blogspot.com Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 komentar:

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”