Pages

Subscribe:

Minggu, 16 September 2012

Succubus



Dalam legenda abad pertengahan di Barat, succubus (plural succubi) atau succuba (plural succubae) adalah sesosok setan berwujud wanita cantik yang merayu laki-laki (terutama pendeta) melalui mimpi untuk melakukan hubungan seksual.

Tradisi agama meyakini, bahwa hubungan seksual diulang dengan succubus dapat mengakibatkan memburuknya kesehatan atau bahkan kematian. Mereka akan mengambil energi dari laki-laki sebagai sarangnya untuk bertahan hidup, sehingga korban mereka kelelahan atau meninggal. Succubus dalam wujud pria disebut Incubus.

Dalam representasi fiksi modern, succubus mungkin atau mungkin tidak muncul dalam mimpi dan sering digambarkan sebagai penggoda yang sangat menarik (enchantress). Padahal di masa lalu, succubi umumnya digambarkan sebagai sosok yang menakutkan dan jahat.


Etimologi





Kata succubus berasal dari bahasa Latin Akhir, succuba, yang berarti "kupu-kupu malam" (succubare "untuk berbaring di bawah"; dari sub "bawah"; cubare "berbohong"). Kata succubus pertama kalinya diperkenalkan dari tahun 1387, yang digunakan untuk menggambarkan sesosok wanita cantik supranatural.


Dalam Folklore





Menurut Zohar dan Alphabet of Ben Sira, Lilith ialah istri pertama Adam yang kemudian berubah wujud menjadi succubus. Dia meninggalkan Adam dan menolak untuk kembali ke Taman Eden, setelah dia dikawinkan dengan malaikat Samael.

Dalam Kabbalah Zoharistic, ada empat jenis succubi yang dikawinkan dengan malaikat Samael. Mereka itu merupakan empat ratu asli dari Iblis, yaitu Lilith, Agrat Bat Mahlat, Naamah, dan Eisheth Zenunim.

Succubus dapat mengambil bentuk seorang gadis muda yang cantik, akan tetapi ditelusuri lebih dekat lagi mempunyai kelainan bentuk, seperti memiliki cakar burung atau berekor ular. Dalam cerita rakyat kemudian succubus berupa sirene.





Dikatakan, bahwa tindakan seksual menembus succubus, mirip dengan memasuki gua es. Ada juga yang mengatakan succubi memaksa orang untuk melakukan cunnilingus (tindakan menggunakan mulut, bibir dan lidah untung menstimulasi alat kelamin wanita) pada vagina mereka yang menetes bersama dengan urin dan cairan menjijikkan lainnya.

Sepanjang sejarah, imam dan rabi termasuk Hanina Ben Dosa dan Abaye, mencoba untuk mengekang kekuatan succubi atas manusia. Dan tidak semua succubus jahat. Menurut Walter Mapes di De Nugis Curialium (Trifles dari Istana), Paus Silvester II (999-1003) terlibat dengan succubus bernama Meridiana, yang membantunya mencapai peringkat tinggi di Gereja Katolik. Sebelum kematiannya, dia mengakui dosa-dosanya dan mati bertobat.

Dalam takhayul Arab, qarînah (قرينه) ialah roh yang mirip dengan succubus, dengan asal-usul yang mungkin dalam agama Mesir kuno atau dalam kepercayaan animisme dari Arab pra-Islam (mitologi Arab).





Dikatakan, qarînah tidur dengan orang dan memiliki hubungan saat tidur seperti diketahui di dalam mimpi. Mereka tidak terlihat, akan tetapi orang yang memiliki kemampuan dapat melihat mereka, seringkali melihat dalam bentuk kucing, anjing, atau hewan peliharaan rumah tangga lainnya.

Di Omdurman itu adalah roh yang memiliki qarînah, hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu. Dan orang-orang tersebut tidak bisa menikah lagi atau qarînah akan menyakiti mereka.

Di India, succubi disebut sebagai penggoda "Mohini". Mitologi tentang Mohini, digambarkan sebagai pembunuh dari bhasma Asura. Succubi digambarkan sebagai seorang wanita yang terbungkus Saree Putih (kostum tradisional perempuan India), dengan mengikat rambutnya yang panjang.





Umumnya dikatakan dia menghantui pada jalan-jalan yang sepi. Dia meninggal akibat siksaan oleh laki-laki dan yang akhirnya dia pun menuntut balas dendam pada laki-laki manapun.


Kemampuan Reproduksi





Menurut Kabbalah dan sekolah Rashba, tiga ratu asli Iblis, Agrat Bat Mahlat, Naamah, Eisheth Zenunim, semua kelompok mereka ini melahirkan anak-anak, kecuali Lilith. Menurut legenda lainnya, anak-anak Lilith disebut Lilin.

Menurut Maleficarum Malleus, "Witches '​​Hammer'", ditulis oleh Heinrich Kramer (Insitoris) tahun 1486, succubus mengumpulkan sperma laki-laki yang digodanya. Para incubi (incubus) atau setan laki-laki kemudian menggunakan semen untuk menghamili perempuan manusia, sehingga menjelaskan bagaimana setan tampaknya dapat menjadi bapak dari anak-anak manusia, meskipun kepercayaan tradisional mengatakan, bahwa mereka tidak mampu reproduksi.





Anak-anak tunggal - cambions - menjadi orang yang terlahir cacat, atau lebih rentan terhadap pengaruh ghaib. Namun, dalam beberapa pengetahuan Viking anak terlahir cacat merupakan konsepsi yang wajar.


Dugaan Pertemuan Dengan Succubi





Dalam bidang kedokteran, ada beberapa keyakinan, bahwa cerita yang berkaitan dengan pertemuan dengan kemiripan beruang succubi, hampir mirip dengan fenomena kontemporer dari laporan orang tentang penculikan alien, yang mana hal ini dianggap berasal dari kondisi yang dikenal sebagai kelumpuhan tidur.

Oleh karena ituu, catatan sejarah dari orang-orang yang pernah mengalami pertemuan dengan succubus lebih memungkinkan berasal dari gejala kelumpuhan tidur, dengan halusinasi dari makhluk yang berasal dari budaya kontemporer mereka.


Kebudayaan Populer





Di sepanjang sejarah, karakter succubi telah populer di dalam musik, sastra, film, televisi, dan terutama sebagai video game dan karakter anime. Dalam Vampire Rosario manga/anime karakter Kurumu Kurono adalah succubus. Dalam game Darkstalkers, Morrigan Aensland dan Lilith Aensland merupakan succubus.

















Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”