Pages

Subscribe:

Kamis, 20 September 2012

Cara Menembus Banjir Dengan Aman Ketika Sedang Berkendara



Ketika banjir melanda, hadangan genangan air di banyak ruas jalan tentu menjadi momok yang menakutkan bagi para pegendara mobil, terlebih untuk jenis sedan. Namun, ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum memutuskan mobil kesayangan menerjang genangan air dikala banjir.

Pertama, pastikan bahwa ketinggian air di jalan tidak lebih tinggi dari saluran udara dan sistem pengapian. Tak menjadi soal apakah knalpot terendam atau tidak, sebab tekanan udara pembuangan akan menekan air keluar. Hanya saja, jangan sampai mesin mati di tengah genangan, karena air akan langsung menyusup ke ruang bakar, begitu tak ada tekanan udara. Kendarai mobil Anda dengan stabil, dan gunakan putaran gas yang stabil.

Di luar hal teknis, sebaiknya Anda sudah mengenal betul kondisi jalan dan bisa memperkirakan ketinggian genangan air. Pastikan tak ada lubang yang bisa mengakibatkan mobil Anda terperosok lebih dalam. Sementara, kondisi fisik kendaraan pun harus dipastikan sempurna. Mulai dari fungsi kelistrikan, karet pelapis pintu, wiper, hingga cairan pembersih kaca. Kondisi prima dari semua elemen tersebut, akan mendukung performa mobil Anda untuk menembus genangan air.

Selain itu, saat hujan deras disertai petir, berhati-hatilah menggunakan radio tape mobil. Sebab beberapa komponen di dalam radio tape sangat rawan terhadap gangguan petir. Dan, Setelah berhasil melalui banjir, Anda jangan keburu nafsu memacu kendaraan. Ingat, jalan basah berpotensi mengurangi traksi antara mobil dengan permukaan jalan yang bisa mengakibatkan hilangnya kemampuan pengereman.


Selamat menembus banjir, semoga berhasil melewatinya dengan selamat dan gemilang.

(",)v




Sumber : automotivedunia.blogspot.com Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”