Pages

Subscribe:

Rabu, 22 Desember 2010

Fosil Dinosaurus Berbulu Bernama "Geminiraptor Suarezarum" Ditemukan


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6hkdgrJvyR5I2lclVNsPBkPOr_mMKepJo7ktgY30_NgmXfSJQb_y00aHBYqQE02k4vG9ItODh95j79chiBprkqKxeMEIFHrbwa3sgy4Kp2o58HWXZcfmAMzWxHj1nFBaiICkU087Sev4/s1600/raptor.jpg

Telah ditemukannya fosil dinosaurus jenis raptor berbulu oleh para ilmuwan di bagian timur Utah. Diperkirakan umur fosil tersebut berkisar 125 juta tahun.


Spesies bernama Geminiraptor Suarezarum tersebut, memiliki kepala yang besar. Kebanyakan dinosaurus jenis raptor yang ditemukan di Amerika Utara berusia sekira 72 juta sampai 75 juta tahun, maka penemuan fosil dari Geminiraptor Suarezarum merupakan yang tertua di antara jenis raptor lainnya. Demikian seperti yang dikutip dari Associated Press, Senin (20/12/2010).

"Raptor jenis ini cukup pintar. Mereka memiliki bola mata yang besar serta tangan yang terampil," ujar James Kirkland, seorang paleontolog.

Geminiraptor Suarezarum merupakan spesies baru ke delapan yang ditemukan di Utah tahun ini. Tujuh dari delapan fosil tersebut ditemukan di tanah milik federal dekat Green River; sebuah wilayah yang sering ditemukan fosil dinosaurus.

Fosil tersebut ditemukan oleh kakak-beradik kembar bernama Celina dan Marina Suarez dari San Antonio, Texas, yang nama dari spesies dinosaurus tersebut diambil dari nama mereka.


http://cdn.wn.com/pd/a5/5b/0db772307a1ab7162631761ef97f_grande.jpg


Di situs tempat penemuan fosil Geminiraptor Suarezarum tersebut, juga ditemukan dua fosil baru. Kirkland mengatakan, ia beserta koleganya kini sedang mempelajari fosil yang mungkin adalah dinosaurus ketiga terbaru.


"Menemukan dinosaurus yang namanya diambil dari nama sendiri adalah sesuatu yang luar biasa," ujar Celine Suarez.

"Ketika masih kanak, kami selalu berpikir akan menggali fosil dinosaurus di halaman belakang. Kami tidak tahu kalau kami harus berkendara sampai ke Utah untuk melakukannya," tambah Suarez.

Kirkland menghargai penemuan dari dua kakak-beradik tersebut bukan hanya karena penemuannya, tapi juga karena minat mereka akan dunia paleontologi. (",)v




Sumber : okezone.com, berbagai sumber lainnya Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia