Pages

Subscribe:

Rabu, 01 Agustus 2012

"Masjid Qiblatain" Satu-Satunya Masjid Di Dunia Yang Memiliki 2 Kiblat



Masjid yang terletak di kota Madinah ini memang tampil beda dari masjid yang ada pada umumnya. Bagaimana tidak, masjid ini memiliki dua tempat imam untuk shalat dan yang lebih menariknya lagi, masjid inipun memiliki 2 kiblat yang berlawanan. Koq bisa, ya?

Nama masjid unik tersebut adalah Masjid Qiblatain, terletak di sebuah jalan bernama Khalid bin Al Walid, yang berada di sebelah barat laut Kota Madinah.





Rupanya, kala itu masjid ini memang memiliki sejarah yang panjang dan memegang peranan penting pada saat awal kemunculan Islam. Masjid Qiblatain adalah salah satu dari tiga masjid paling awal dalam sejarah Islam, selain Masjid Quba dan Masjid Nabawi.

Dulunya, sebelum kiblat shalat umat muslim ditentukan menghadap Kabah, arah kiblat shalat menghadap ke Baitul Maqdis di Yerusalem. Ketika itu diriwayatkan Rasulullah SAW sedang menjalankan shalat bersama para sahabat, dan kemudian turunlah wahyu Allah yang memerintahkan agar mengubah arah kiblat ke Kabah di Makkah.





Mendapat perintah langsung itu, maka Rasulullah pun segera memutar arah shalat dari Baitul Maqdis ke Kabah. Sejak saat itulah, akhirnya arah kiblat umat Muslim pun berubah ke Kabah di Masjidil Haram, Makkah.

Untuk mengenang peristiwa yang sangat penting itu, oleh karenanya masjid tempat lokasi penentuan arah kiblat tersebut akhirnya diberi nama Qiblatain. Qiblatain sendiri berarti dua kiblat.





Jika suatu saat Anda berkunjung ke Madinah dan menyambangi masjid ini, Anda bisa melihat sendiri bekas tempat imam shalat. Tempat imam shalat yang dulu dipakai saat kiblat menghadap Baitul Maqdis, berupa pasir dan tidak ada sajadahnya. Sebaliknya, tempat shalat imam yang sekarang, telah memiliki mimbar khusus yang lengkap dengan sajadahnya.

Ya, karena tempat imam shalat yang menghadap Baitul Maqdis, sudah tidak pernah dipakai lagi, karena perpindahan arah kiblat. Dan bagaimanapun juga, masjid ini telah menjadi saksi bisu perpindahan arah kiblat pertama kali di dalam sejarah Islam.






Sumber : apakabardunia.com Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia