Pages

Subscribe:

Jumat, 02 September 2011

Jurus Agar Suara Terbebas Dari Masalah


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgGUU3omA1xGBuAbZdishdnc86Qmo1EZ-bJePGWtRUfu2E2YQ2D89M9LX1irWDW04r9MyxmjMEOA0k9l2u8arPX9AeX5ptSMG1jghl96Gj-dQkD62jEAReEAJlVn2ymgF8U2nEFzLZAWhE/s200/bahaya+resiko+dampak+negatif+nyanyi+karaoke+tidak+profesional+pita+suara+putus+bisu.jpg

Sama halnya seperti sidik jari, suara merupakan anugerah terunik yang dimiliki oleh seseorang. Maka dari itu, suara harus dijaga agar tetap sehat dan terbebas dari segala masalah.

Beberapa pekerjaan seperti penyanyi, guru, dokter, perawat, pengacara, orang yang berjualan atau pembicara, memiliki tuntutan yang besar pada suaranya. Tapi hal-hal tertentu bisa membuat seseorang rentan mengalami masalah pada suaranya.

Misalnya, virus flu, batuk, dan pilek, bisa menyebabkan terjadinya laringitis yang membuat suara menjadi serak atau abnormal. Berikut ini adalah beberapa jurus yang bisa membantu menjaga suara agar tetap sehat :

1. Mengonsumsi air yang cukup, karena menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membuat tenggorokan juga terhidrasi sehingga mencegah terjadinya kekeringan yang memicu iritasi.

2. Bernapas dengan benar, bernapas dari diafragma bisa membantu melindungi suara. Jika seseorang berbicara atau bernyanyi tanpa dukungan napas yang benar maka ia meletakkan beban yang besar pada suara.

3. Jangan berlebihan menggunakan suara, usahakan untuk menghindari kebiasaan berteriak, menjerit atau bersorak. Peningkatan volume suara yang signifikan bisa menyebabkan kerugian pada suara, jika tenggorokan sudah terasa kering, lelah atau suara serak, maka berhentilah berbicara.

4. Melakukan pemanasan terlebih dahulu jika akan banyak berbicara, kebanyakan orang tahu hanya penyanyi yang melakukan pemanasan padahal pengajar atau orang yang berpidato juga butuh pemanasan. Cobalah bersuara dari nada rendah ke tinggi pada suara vokal yang berbeda.

5. Pastikan mendapatkan nutrisi yang tepat, jika akan banyak menggunakan suara maka hindari makanan asin, manis dan pedas, serta hindari alkohol dan kafein karena membuat tubuh memerlukan banyak air untuk memetabolismenya.

6. Jangan merokok, karena rokok bisa menghalangi kemampuan bernapas yang benar dan bisa mengiritasi tenggorokan.

7. Hindari penggunaan obat kumur karena mengandung alkohol dan bahan kimia lain yang bisa mengiritasi tenggorokan. Jika memang harus berkumur, cobalah mengganti dengan larutan garam ketimbang obat kumur.

8. Hindari batuk terlalu keras karena bisa merusak jaringan halus pada lipatan suara. Selain itu berdehem terlalu sering juga menimbulkan gesekan antara udara dan selaput lendir di saluran napas yang meningkatkan dan menyebabkan pembengkakan serta peradangan.


Dengan melakukan beberapa tips diatas, maka suara unik yang Anda miliki akan terbebas dari masalah.

(",)v




Sumber : detikhealth.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia