Pages

Subscribe:

Kamis, 31 Maret 2011

Ditemukan Bintang Bersuhu Tidak Lebih Dari Secangkir Kopi Bernama "CFBDSIR 1458 10b"


http://keckobservatory.org/images/gallery/press_images/brown-dwarf-duo_500.jpg

Ditemukan sebuah bintang yang berjarak 75 tahun cahaya, yang menurut sebuah penelitian terbaru, panasnya tidak lebih dari secangkir kopi.


Bintang bernama "CFBDSIR 1458 10b" bisa disebut juga sebagai 'bintang yang gagal', karena mereka memiliki panas seperti bintang, namun tidak memiliki massa yang cukup untuk memicu fusi nuklir pada intinya. Demikian seperti yang dikutip dari The Daily Star, Senin (28/3/2011).


Gambar: www.zmescience.com


Dengan suhu permukaan sekitar 97 derajat celcius, bintang yang baru ditemukan ini merupakan bintang cokelat terdingin yang pernah ditemukan. "Selama bertahun-tahun, meski lambat, tapi telah dilakukan pencarian terhadap bintang bersuhu rendah," ujar Michael Liu, seorang ahli astronomi dari University of Hawaii.

"Bintang bersuhu rendah yang paling baru ini, memcahkan rekor sebelumnya, yaitu 150 derajat celcius," tambah Liu. Bintang CFBDSIR 1458 10b memiliki estimasi massa hanya 6 kali dari planet Jupiter. "Penemuan ini juga memberi tambahan pengertian mengenai bintang dan planet," jelas Lui.

"Sebagai contoh, temperatur planet Jupiter sekitar 149 derajat celcius, akan tetapi para ahli astronomi juga menemukan planet menyerupai Jupiter di sistem tata surya lain yang bersuhu 538 derajat celcius," kata Lui. (",)v




Sumber : okezone.com, berbagai sumber lainnya Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia