Pages

Subscribe:

Senin, 14 Februari 2011

Ilmuwan Inggris Sukses Menguji Vaksin Flu Universal


http://4.bp.blogspot.com/_7N1FDzv_WQs/THaz-bR-bSI/AAAAAAAAADI/W6fJ8g9N47o/s1600/1411484620X310.jpg

Flu
atau Influenza merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influensa). Penyakit ini ditularkan dengan medium udara melalui bersin dari penderita.


Ilmuwan Inggris telah sukses menguji vaksin yang dapat mengobati segala jenis flu. Vaksin baru ini dikembangkan oleh sekelompok ilmuwan di University of Oxford. Demikian seperti dilaporkan Guardian, Senin (7/2/2011).

Berbeda dengan vaksin flu umumnya yang menyerang protein di luar virus flu, vaksin ini menyerang protein di dalam virus. Protein di dalam virus memiliki peluang lebih kecil untuk bermutasi, artinya vaksin baru ini tidak perlu dimodifikasi lagi setiap muncul jenis flu baru.

Perbedaan lainnya adalah jika vaksin tradisional menstimulasi tubuh untuk memproduksi antibodi guna melawan flu, vaksin anyar ini membangkitkan produksi sel T yang bisa mengidentifikasi dan membunuh sel yang terinfeksi.

"Orang yang terkena flu setelah mendapat vaksin, lebih sedikit ketimbang mereka yang tidak mendapat vaksin," jelas Sarah Gilbert, yang memimpin uji coba tersebut.

"Kami mendapat indikasi, jika vaksin ini bisa melindungi seseorang. Bukan hanya dilihat dari jumlah orang yang terkena flu, tapi juga dari sel T sebelum kami memberikan virus flu kepada mereka," imbuhnya.

"Seluruh partisipan yang kami vaksinasi memiliki sel T yang aktif dan siap 'membunuh' virus flu," tutup Gilbert.

Jika proyek tersebut berhasil, vaksin baru ini bisa mencegah penyebaran penyakit seperti flu babi, yang mengakibatkan pemerintah Inggris menggelontorkan sekira 1,2 triliun pounds untuk menyiapkan vaksin. (",)v




Sumber : okezone.com, berbagai sumber lainnya Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia