Pages

Subscribe:

Jumat, 15 Oktober 2010

"The Tielman Brothers" Band Indonesia Yang Telah Menginspirasi The Beatles



Mungkin banyak yang tidak kenal dengan band asal Indonesia yang satu ini. Kepopulerannya, sempat menjadi inspirasi band dunia sekelas The Beatles. Namun, mengapa selama ini nama mereka seperti tenggelam, tanpa ada yang ingin mengingatnya?

The Tielman Brothers nama band Indonesia tersebut. Adalah band Belanda-Indonesia yang pertama kali berhasil masuk di jajaran musik internasional pada 1950-an. Band ini cukup terkenal di Eropa kala itu, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones.

Andy Tielman, sang frontman, sering beratraksi gila-gilaan, bermain gitar dengan giginya, di belakang kepala, atau di belakang badannya, jauh mendahului Jimi Hendrix, Jimmy Page, atau Ritchie Blackmore, di masanya pada tahun 1956.

The 4 T's  showing  their brandnew Miller and Wilson guitars.

Aksi seperti ini, telah 11 tahun lebih dulu mereka lakukan, jauh sebelum permainan gila gitaris kelas dunia Jimi Hendrix yang terkenal tahun 1967. Dan pelopor dalam musik Rock N Roll dunia, sesungguhnya adalah berasal dari Band anak bangsa Indonesia.

Band inilah yang menginspirasikan The Beatles. The Tielman Brothers telah datang, sebelum masa kejayaan Rock N Roll. Dan band ini sekali lagi adalah orang Indonesia, putra-putri terbaik bangsa. Keturunan dari ayah bernama Herman Tielman yang berasal dari Kupang, dan Flora Lorine Hess asal Semarang, yang besar di Surabaya.

The Tielman Brothers sempat mempersembahkan penampilannya di Istana Negara Jakarta, dihadapan Presiden pertama RI, Soekarno. Karier rekaman mereka dimulai, ketika keluarga Tielman pada tahun 1957 hijrah dan menetap di Breda, Belanda. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa, terutama Belanda. Namun, sayangnya tidak demikian di tanah airnya sendiri.

The Four Tielman  Brothers in the movie Paprika (Germany 1958)

Siapa menyangka, seorang Paul McCartney ternyata mengagumi band ini dan terinspirasi dengan The Tielman Brothers, sebelum bandnya yang bernama The Beatles terkenal pada awal tahun 1960-an.

Saat The Beatles sedang manggung di Jerman, grup band asal Inggris ini sempat melihat penampilan The Tielman Brothers yang manggung menggunakan Hofner Violin Bass. Dari situlah pertama kalinya, Paul McCartney melihat Hofner Violin Bass.


Andy Tielmans, sang gitaris, memakai Fender Jazz Master khusus 10 strings. Perusahaan gitar dunia terbesar Fender, sengaja mengirim representativenya ke Jerman saat itu, untuk merancang gitar buat Andy Tielmans.

The Tielman  Brothers at dancing Westhof, Heidelberg 1960

Pada awal tahun 1960-an, mereka menciptakan 4 lagu ciptaan mereka sendiri, yaitu My Maria, You're Still The One, Black Eyes, dan Rock Little Baby. Lagu-lagu mereka ini ternyata disukai oleh orang-orang Belanda.

Mereka menyebut musik The Tielman Brothers, sebagai musik beraliran IndoRock (mungkin artinya Indonesia Rock), sebuah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, dan memiliki akar pada musik Keroncong.


Dedikasi dan Inovasi Andy sangat berpengaruh bagi perkembangan budaya pop Belanda khususnya, dunia pada umunya, sehingga membawa gelar The Godfather of Dutch Rock n Roll, The Uncrowned King of Indorock, dan penghargaan Order of the Orange-Nassau ke pangkuan The Tielman Brothers.

The Tielman  Brothers at dancing Westhof, Heidelberg 1960

Meski terlupakan dan banyak yang tidak mengetahui tentang sepak terjang keberadaan band kelas dunia asal Indonesia bernama "The Tielman Brothers" ini pada masa lalu, maka mulai sekaranglah saatnya, kita sebagai penerus bangsa, mengetahui apa yang sudah kita miliki selama ini, dan jangan pernah melupakan sejarah tentang bangsa kita sendiri, INDONESIA!


The Tielman  Brothers with sister Jane and Alfons Faverey (1963)


Personil

Andy Tielman (leadguitar, vocals)
Reggy Tielman (2nd lead guitar, 6-string bass, vocals)
Rob Latupeirisa (bass guitar, 6-string bass)
Loulou Tielman (drums, vocals)
Janette Loraine Tielman (vocals)




The Tielman Brothers - Black Eyes / Rollin' Rock (live Dutch TV show Jan, 1960)

(",)v




Sumber : Wikipedia©, jelajahunik.blogspot.com, indorock.pmouse.nl, youtube.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia