Pages

Subscribe:

Rabu, 19 September 2012

Tips Segar Bugar Meski Kurang Tidur




Tidur merupakan waktunya tubuh beristirahat dan memulihkan kembali energi yang terbuang ketika beraktifitas seharian. Idealnya, orang dewasa butuh tidur selama 6 - 8 jam dalam seharinya. Namun, hal ini seringkali tak terpenuhi karena kesibukan yang ada, maka tidak semua orang dapat selalu memenuhi jam tidur idealnya.

Jika hal itu terjadi, dijamin badan akan terasa lemas, sehingga tidak optimal untuk beraktifitas pada keesokan harinya. Bahkan, kurang tidur pun telah dikaitkan dengan berbagai penyakit, seperti diabetes, obesitas, penyakit jantung dan depresi.

Dilansir dari Medical Daily, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar dapat melewati hari dengan tetap semangat, meskipun jam tidur yang dimiliki minim. Berikut tips agar tetap segar bugar meski mengalami kurang tidur :


1. Perhatikan Asupan Makanan

Jika kurang beristirahat, sebaiknya usahakan perut tetap kenyang. Pastikan memakan menu yang sehat saat sarapan, makan siang, dan makan malam, agar tubuh mendapat cukup asupan nutrisi yang membuat tubuh tetap terjaga. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, akan mencegah tubuh menjadi lesu dan jatuh tertidur.

Makanan yang perlu dikonsumsi ialah biji-bijian yang merupakan sumber energi, buah-buahan untuk menyegarkan pikiran dan dapat menyediakan gula dengan cepat, serta protein yang mengandung asam amino untuk meningkatkan energi.


2. Jogging

Pakar kesehatan menyarankan, bahwa jogging dapat melepaskan endorfin yang merupakan pereda nyeri alami, peningkat energi dan penguat jantung. Berolahraga juga dapat menjadi pendorong mood yang positif. Namun, berolahraga juga jangan terlalu banyak, karena dapat membuat tubuh jadi lebih lamban. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga dalam taraf sedang-sedang saja.


3. Kafein

Kafein adalah zat pahit yang ada dalam kopi, teh, minuman ringan, coklat, serta beberapa obat-obatan dan kola. Kafein dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dengan cara merangsang sistem saraf pusat. Akibatnya, tubuh jadi lebih waspada dan energi juga akan meningkat.

Namun, terlalu banyak konsumsi kafein dapat menyebabkan gejala gemetar dan pusing. Perlu diingat, bahwa tubuh menyerap dan membuang kafein dengan cepat. Setelah 8 - 10 jam, 75 persen kafein sudah dibuang dari tubuh.


4. Tidur

Cara terbaik untuk mengatasi kelelahan karena kurang tidur tidak lain dan tak bukan adalah dengan tidur. Kekurangan tidur yang akut berkaitan dengan resiko gangguan kesehatan yang parah. Tidur barang sebentar selama 20 - 60 menit di siang hari sudah cukup untuk meningkatkan energi fit kembali.


Jadi, meskipun Anda kurang tidur, dengan mencoba tips diatas, Anda akan senantiasa segar bugar selama beraktifitas.

(",)v




Sumber : detik.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia