Pages

Subscribe:

Senin, 06 Desember 2010

Ukuran Mamalia Membesar Setelah Mendadak Dinosaurus Punah




Para ahli biologi mengemukakan, bahwa setelah kepunahan mendadak dinosaurus 65 juta tahun yang lalu, ukuran hewan-hewan mamalia membesar.


Binatang-binatang mamalia ini ukurannya membesar, karena saat itu tidak ada lagi binatang besar yang memakan sumber makanan yang tersedia, Demikian menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Science.

Seperti yang dikutip dari Telegraph, Jumat (26/11/2010), ukuran mamalia pada saat pasca kepunahan dinosaurus, berevolusi menjadi besar, hampir menyamai ukuran masif dari dinosaurus.

Dr. Jessica Theodor, professor biologi di Calgary University di Kanada, berkata, bahwa ketika dinosaurus punah, tiba-tiba tak ada mahkluk yang memakan tumbuh-tumbuhan yang tersedia.

"Sumber makanan yang banyak membuat mamalia berevolusi menjadi besar, karena akan lebih efisien berukuran besar apabila menjadi seekor herbivora," kata Jessica Theodor.

Theodor juga menambahkan, dalam kurun waktu 25 juta tahun, mamalia-mamalia tersebut berevolusi menjadi besar. "Itu adalah waktu yang cukup sebentar untuk ukuran evolusi."

Theodor dan para koleganya menyimpulkan penelitian tersebut, setelah meneliti sejumlah mamalia berukuran besar pada setiap benua.

Mamalia terbesar yang pernah hidup di muka Bumi adalah seekor herbivora yang menyerupai badak dengan tinggi sekitar 5,5 meter, yang hidup di Eurasia sekitar 34 juta tahun yang lalu.

Akan tetapi badak tersebut kalah dengan ikan paus biru modern, yang mana beratnya bisa mencapai 200 ton. (",)v




Sumber : okezone.com Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia