Pages

Subscribe:

Rabu, 06 Oktober 2010

Fakta Dibalik "Formasi Huruf V" Ketika Sekelompok Burung Terbang

http://baltyra.com/wp-content/uploads/2009/08/swanformation.jpg

Kamu pasti pernah melihat sekelompok burung terbang di angkasa dengan formasi berbentuk huruf V. Hal itu mereka lakukan bukan tanpa alasan, karena dibalik itu terkandung makna di dalamnya.

Kalau kita berada di negara 4 musim, maka ketika musim gugur tiba, akan terlihat rombongan burung terbang ke arah selatan untuk menghindari musim dingin. Burung-burung tersebut terbang dengan formasi berbentuk huruf “V”.

Berikut ini adalah beberapa fakta ilmiah, mengapa sekelompok burung terbang dengan membentuk formasi huruf “V” serta makna yang terkandung di dalamnya :


Fakta Pertama

Kepakan sayap burung di depan, memberi “daya dukung” bagi burung dibelakangnya. Burung yang dibelakang, tidak perlu susah-payah menembus ‘airwall’ di depannya. Sehingga, seluruh kawanan burung dapat menempuh jarak terbang 71 % lebih jauh daripada jika setiap burung harus terbang sendiri-sendiri.

Makna Yang Terkandung

Bila arah dan tujuan kita sama, dan kita mau saling berbagi di dalam kehidupan, maka untuk mencapai tujuan bersama akan menjadi lebih cepat dan mudah. Mampukah kita untuk saling mendorong dan saling mendukung antara satu dengan yang lain di dalam mencapai tujuan bersama ? Seharusnya kita bisa, karena burung-burung itu saja bisa.


Fakta Kedua

Kalau seekor burung terbang keluar dari formasi rombongan, ia akan merasa berat dan sulit untuk terbang sendirian. Dengan cepat ia akan kembali ke dalam formasi untuk mengambil keuntungan dari daya dukung yang diberikan burung di depannya.

Makna Yang Terkandung

Kalau kita memiliki logika umum, kita akan tetap berada bersama rekan-rekan yang lain. Kita membuka diri untuk menerima dan memberi bantuan dari dan kepada rekan lainnya. Lebih sulit untuk melakukan sesuatu sendirian, dibandingkan melakukannya secara bersama-sama.


Fakta Ketiga

Ketika burung yang memimpin di depan kelelahan, ia terbang memutar ke belakang formasi, dan burung yang lain akan terbang menggantikan posisinya.

Makna Yang Terkandung

Masuk akal jika melakukan tugas-tugas yang sulit dan penuh tuntutan secara bergantian dan memimpin secara bersama. Kita yakin potensi semua rekan yang ada. Manusia saling bergantung satu dengan yang lain dalam pengetahuan, keterampilan, kemauan, kapasitas, karunia lain yang unik, serta talenta, dan sumber daya lainnya.


Fakta Keempat

Burung-burung yang terbang dalam formasi, mengeluarkan suara riuh-rendah dari belakang, memberi semangat kepada burung yang terbang di depan, sehingga kecepatan terbang mereka dapat terjaga secara baik.

Makna Yang Terkandung

Ucapan yang kita sampaikan, akan memberi dukungan kekuatan, bukan melemahkan. Semua rekan-rekan kita harus saling memperkuat, sehingga hasil yang dicapai akan menjadi lebih besar. Dukungan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur adalah kualitas yang diharapkan bersama oleh semua rekan-rekan yang ada.


Fakta Kelima

Ketika seekor burung sakit, terluka, atau ditembak jatuh, maka dua burung yang lain akan ikut keluar dari formasi bersama burung tersebut, mengikutinya terbang turun untuk membantu dan melindungi. Mereka akan tinggal dengan burung yang jatuh dan berusaha untuk mendorongnya, agar dapat terbang kembali. Mereka akan terbang dengan kekuatan mereka sendiri atau membentuk formasi lain, mengejar rombongan mereka.

Makna Yang Terkandung

Kalau saja kita memiliki perasaan seperti seekor burung, kita akan tinggal bersama rekan yang berada di dalam kesulitan. Dan ketika kondisinya membaik, kita akan berusaha untuk mendorongnya, agar dapat bangkit kembali.


Demikianlah fakta dan makna dibalik formasi huruf V, ketika sekelompok burung terbang di angkasa. Banyak yang dapat dipetik menjadi pelajaran berarti di dalam kehidupan sehari-hari. (",)v




Sumber : argakencana.blogspot.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia