Pages

Kamis, 29 Januari 2015

Pandai Berkaca (Renungan)


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com

Bertakwalah kepada Allah di mana saja engkau berada. Dan sertailah keburukan dengan kebaikan niscaya akan menutupinya. Dan bergaulah dengan manusia dengan akhlak yang terpuji”. (HR. At-Tirmidzi dari Mu’az bin Jabal ra.)

Rabu, 28 Januari 2015

Galau dan Gelisah, Inilah Obat Mujarabnya


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com

Galau atau gelisah bisa dialami oleh setiap orang. Biasanya kondisi mentalitas ini disebabkan oleh faktor-faktor tertentu, di antaranya adalah ketidakberdayaan menanggung beban hidup, kegagalan, tekanan eksternal dan permasalahan berat lain yang  menerpanya.

Selasa, 27 Januari 2015

Bersiap Menjadi Pemimpin (Renungan)


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com

Beruntung orang yang beriman. Tapi jika hanya iman jelas tidaklah cukup. Karena itu cukupkanlah dengan amal saleh.

Senin, 26 Januari 2015

Pelajaran Penting Dari Pohon Untuk Pemimpin (Renungan)


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com

Banyak sekali hal yang bisa kita pelajari dari sebuah pohon yang sering sekali kita jumpai sehari-hari. Di negara tropis seperti Indonesia ini, banyak sekali jenis dari pohon. Mulai dari pohon yag memiliki kayu tidak terlalu lunak seperti sengon (Parasesianthes falcataria) sampai  pohon yang kayunya sangat kuat seperti kayu Ulin (zwgeri).

Jumat, 23 Januari 2015

Etika Menasehati (Renungan)


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com

Mu’awiyah bin Hakam Salmi r.a. berkata, “Ketika aku mengunjungi kota Madinah karena hendak memeluk agama Islam, aku telah belajar banyak hal. Salah satunya ialah aku hendaknya mengucapkan Yarhamukallah apabila seseorang bersin dengan mengucapkan Al-Hamdulillah.

Kamis, 22 Januari 2015

Seni Menikmati Air Mata (Renungan)


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. ” (QS. Ali imran: 185)

Rabu, 21 Januari 2015

Penyapu Masjid (Renungan)


Sayap-Sayap Kehidupan

Perempuan hitam yang biasa menyapu masjid itu meninggal dunia. Nabi SAW tidak diberi tahu oleh para sahabat akan kematiannya.

Selasa, 20 Januari 2015

Salihah (Renungan)


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com

Suatu ketika, Haulah binti Tsa’labah mengadukan pertikaian dengan suaminya Aus bin Shamith kepada Rasulullah SAW. Menurut dia, suaminya pernah mengatakan kalau dirinya seperti punggung ibu suaminya.